Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Mewing - Tutorial, Manfaat , Bukti , Before After

Hubungan antara posisi lidah istirahat dan bentuk rahang seseorang telah menjadi topik yang banyak berspekulasi secara online. Teknik postur lidah yang tepat yang dikembangkan oleh Dr. Mew telah dikenal sebagai "mewing".


Meskipun kita selalu perlu mewaspadai terhadap cara 'alternatif' sampah, gagasan yang dikemukakan oleh Dr. Mike Mew dan bidang ortotropik telah sangat populer. Tidak hanya masuk akal, tetapi mereka telah mencapai hasil yang luar biasa bagi pengguna. Apakah mewing berhasil? Bisakah itu memberi Anda garis rahang dan dagu yang lebih jelas?


Mari selidiki.

efek mewing


Apa Mewing?

Mewing merupakan teknik postur mulut yang tepat untuk memperbaiki orientasi wajah dan garis rahang dengan mengubah posisi lidah istirahat secara tidak sadar. Dengan mengeong, Anda melatih mengistirahatkan lidah di langit-langit mulut dan menjadikannya jadi kebiasaan yang setiap kali harus dilakukan.


Sebagai seseorang yang pada awalnya tidak menemukan berita ini, saya terkejut mengetahui bahwa beberapa orang di belahan dunia sudah secara alami meletakkan lidah mereka di atap mulut mereka. Namun, jika Anda salah satu dari sedikit yang belum melakukan ini, mengeong mungkin merupakan cara yang kau butuhkan.


Mengistirahatkan lidah Anda di dasar mulut sebenarnya merupakan kelainan yang mengganggu kestabilan kekuatan berlawanan dari mandibula dan rahang (rahang bawah dan atas). Ini memperburuk ke pernapasan mulut, wajah lebih panjang, ketenangan yang lebih bungkuk, dan penampilan yang secara keseluruhan lebih buruk.


Sebelum kita membahas secara spesifik, saya harus menjelaskan bahwa mewing bukanlah hal baru yang trendi dalam kehidupan serta kesehatan untuk membuat diri Anda langsung terlihat lebih baik . Sebaliknya, tidak mengeong adalah yang membuat penampilan orang menjadi lebih buruk. Mewing hanyalah sebuah bentuk terapi korektif yang bertujuan mengembalikan postur lidah kita ke posisi semestinya.


Alasan Memulai Mewing

Mungkin Anda sekarang menyadari bahwa Anda mengistirahatkan lidah di dasar mulut secara tidak sadar dan menginginkan postur lidah yang benar.

  1. Jika Anda lebih suka bernapas mulut.dan mungkin mendengkur saat tidur
  2. memiliki garis rahang yang tidak jelas dan ingin memperbaiki wajah Anda.
  3. mengalami kesulitan menelan atau gangguan pernapasan.
  4. menderita apnea tidur.
  5. memiliki langit-langit yang sempit dan gigi berjejal.
  6. mengalami gigitan ringan.

Anda ingin tampil lebih percaya diri dan memperbaiki postur tubuh Anda secara keseluruhan.


Siapa Dr. Mew?


Dr. Mike Mew adalah seorang ortodontis yang menjalani pelatihan di London dan mengelola klinik ortodontiknya sendiri di sana. Dia adalah seorang dokter gigi generasi ketiga yang menerima pelatihan ortodontik dari Aarhus University di Denmark di bawah bimbingan Profesor Birte Melsen. Selama tahun 1990-an, Dr. Mike Mew adalah seorang dokter gigi di Royal London Hospital.


Ayah Dr. Mike Mew, Dr. John Mew, dikreditkan dengan memulai bidang ortotropika. Orthotropics adalah cabang kedokteran yang mengikuti filosofi bahwa seseorang harus merawat wajah daripada hanya gigi.


Bidang ini memiliki tumpang tindih yang signifikan dengan bidang terapi myofungsional yang ada, pendekatan holistik yang menangani gangguan pada wajah dan mulut. Orthotropics diwakili secara internasional oleh International Association of Facial Growth Guidance (IAFGG). Dalam dekade terakhir, teknik mewing telah dipopulerkan sebagian besar oleh putranya.


Bagi mereka yang mengikuti ortotropika, kesejajaran gigi yang tidak normal juga merupakan masalah wajah. Ini bisa diperbaiki dengan memperbaiki posisi istirahat wajah. Ortodontis, sebaliknya, mungkin mengusulkan retainer seumur hidup sebagai pilihan pengobatan.


Jadi bisa dimengerti, mengapa ortotropikatelah berselisih dengan ortodontik atas ketidaksepakatan dalam perawatan ini. Namun, banyak spesialis ortotropik juga telah dilatih sebagaiortodontis. Kedua bidang itu seharusnya tidak dipkamung bertentangan satu sama lain.


Bagaimana Melakukan Mewing dengan Benar


Mewing adalah tata cara tentang menempatkan postur lidah yang benar. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Mike Mew, berikut adalah definisi dasarnya: 


Mewing dilakukan hanya dengan mengistirahatkan seluruh lidah Anda di langit-langit mulut sampai lidah anda secara tidak sadar akan berada di posisi itu setiap kali mulut menutup. 


Untuk melakukan mengeong dengan benar, Anda harus meletakkan seluruh  lidah Anda di langit-langit mulut. Itu termasuk bagian belakang lidah juga, jadi lidah harus pas di antara gigi geraham. ini mungkin sedikit melelahkan bagimu, karena pada awalnya otot lidah Anda terlalu lemah. Jika Anda mengeong dengan benar, Anda akan merasakan tekanan di bagian tengah wajah, dagu, garis rahang, dan langit-langit.


Efek mengeong (Mewing) pada rahang 

Anda diilustrasikan di bawah ini:

letak lidah saat mewing

perbedaan saat mewing dan rilex


Memiliki postur lidah yang benar juga membuat bagian bawah wajah dan leher terlihat lebih tegas.


Mewing mungkin tampak agak aneh pada awalnya. Pada dasarnya harus melatih kembali otak Anda untuk sepenuhnya mengubah posisi istirahat wajah yang ada. Postur lidah adalah kebiasaan yang sulit dihentikan, terutama jika Anda telah melakukannya dengan tidak benar sepanjang hidup.


Kabar baiknya adalah, setelah berlatih mengeong secara sadar selama berminggu-minggu, akhirnya akan menjadi seperti ingatan otot. Ini akan jauh lebih mudah. Anda juga akan melihat peningkatan nyata pada wajah Anda dari waktu ke waktu. Seluruh postur dan orientasi wajah Anda akan lebih simetris.


Anda akan merasakan seluruh wajah Anda maju. Sungguh sangat mengejutkan bagaimana postur lidah yang tepat dan sederhana dapat melakukan semua ini. Namun, jika Anda memikirkannya, itu masuk akal: lidah Anda menahan mulut, dan wajah Anda, seimbang. Otot rahang dan lidah Anda adalah kekuatan berlawanan yang harus disinkronkan dengan benar.

Jika anda masih  belum terlalu paham penerapanya bisa kunjungi https://jawlineexercises.com/all-of-your-mewing-questions-answered/

Mewing dan Swallowing (Sangat Penting!)

Postur lidah yang meringis dan tepat juga mengkamulkan Anda untuk menelan dan minum dengan benar. Melalui tindakan menelan itulah mengeong menerapkan beberapa pon gaya ke langit-langit mulut Anda. Kekuatan inilah yang akan bertanggung jawab untuk mengembangkan atap mulut Anda — dan pada akhirnya akan membawa perubahan yang nyata pada penampilan Anda.


Untuk menelan dengan benar saat mengeong, cukup tekan lidah dengan kuat ke langit-langit saat menelan. Jaga ekspresi wajah Anda tidak berubah. Saat Anda merasakan tiroid Anda naik setiap kali menelan, Anda juga akan merasakan lidah Anda menekan langit-langit mulut Anda.


Catatan: Jika Anda tidak menelan dengan benar saat mengeong, Anda tidak akan melihat hasil terbaik. Anda harus belajar menelan dengan lidah Anda. Ini penting!


Pertahankan Postur Anda


Perlu juga dicatat bahwa mewing juga harus diperhatikan dilengkapidengan mempertahankan postur yang benar dan tegak saat duduk dan berdiri. Postur tegak dianggap sebagai komponen sekunder dari teknik mewing. Garis rahang dan wajah Anda harus sejajar dengan dada Anda.


Postur yang baik harus seperti kebiasaan, seperti mengeong.


Kesederhanaan Mewing seharusnya tidak membuat kita menebak-nebak rekam jejaknya yang terbukti dalam mengoreksi asimetri wajah, garis rahang yang tidak jelas, dan rahang yang kendur. Ditambah dengan melatih otot masseter melalui latihan garis rahang , mewing adalah teknik yang mendasari dagu yang lebih jelas. Hasil akhirnya adalah penampilan yang lebih seimbang dan terangkat dengan rahang dan dagu yang tegas.


Semua Bukti yang Bisa Kami Temukan untuk Mewing

Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya: di mana bukti mewing itu berhasil?


Postur lidah yang tepat bukanlah hal baru dan juga tidak ditemukan oleh Dr. Mike Mew. Ini telah menjadi bagian dari kedokteran gigi selama lebih dari satu abad. Terapi myofunctional, yang melatih pasienbagaimana dengan benar menelan dan mempertahankan postur lidah yang benar, telah menjadi keahlian khusus selama beberapa waktu.


Meskipun pentingnya postur mulut masih belum diketahui, ada beberapa studi klinis yang dilakukan bersama dengan beberapa catatan tangan pertama tentang keberhasilannya. Namun, pertama mari kita bahas teori perkembangan dasar di balik mewing dan kemudian menyajikan buktinya.


Breaking It Down: Cara Kerja Mewing


Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan pada awalnya, tengkorak sebenarnya bukanlah satu tulang besar. Itu terdiri dari jahitan, jaringan ikat di antara tulang tengkorak. Artinya, tengkorak sebenarnya bisa berubah seiring waktu.


Sebagai contoh, Dr. Mew sering menyebutkan bagaimana penyakit neuron motorik memperburuk bentuk tengkorak fisikawan Stephen Hawking dari waktu ke waktu. Karena tidak ada gerakan otot di wajahnya karena kondisinya, seluruh tengkoraknya semakin turun ke bawah seiring bertambahnya usia dan berubah bentuk. Ini menunjukkan memang ada elastisitas pada tengkorak.


Karena tengkorak terdiri dari semua jahitan ini, mewing sebenarnya tentang menyeimbangkan otot-otot di wajah. Ini secara alami menyebabkan sedikit perubahan pada struktur wajah. Pada akhirnya, yang menyatukan keseimbangan wajah adalahmaxila(atau rahang atas). Lidah Anda akan tertekan saat mengeong.


Dengan mewing, Anda memberikan tekanan pada maxila dan dengan demikian mengubahnya seiring waktu. Perubahan bentuk wajah berdasarkan posisi maxila ditunjukkan di bawah ini.



Ada sejumlah kecil, namun terus bertambah, bukti yang saat ini tersedia tentang postur lidah yang benar. Lihat sendiri bukti di bawah ini dan buat kesimpulan Anda sendiri. Topik postur lidah yang benar masih belum banyak dipelajari.


Bukti Klinis

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 yang dipublikasikan di Korean Journal of OrthodonticsBuka di tab baru., teknik postur lidah korektif mampu memperbaiki overbite dan membawa seluruh wajah ke depan. Setelah dua tahun kambuh menggunakan retainer, teknik mewing menghasilkan efek yang bertahan selama 10 tahun menurut penelitian tersebut. Namun, pasien khusus ini menggunakan elevator lidah untuk memastikan bahwa lidahnya berada di atap mulutnya daripada menempelkannya sendiri.

  1. Sebuah studi tahun 2018 di jurnal Radiology and Oncology menemukan bukti signifikan untuk "postur lidah" ​​yang menyembuhkan gigitan terbuka anterior pada anak-anak prasekolah. Studi tersebut merekomendasikan teknik postur lidah (seperti mewing) untuk perkembangan anak usia dini.
  2. Sebuah studi tahun 1997 yang diterbitkan dalam Journal of Oral & Facial Pain and Headache menemukan postur lidah di langit-langit mulut terkait dengan otot temporalis dan suprahyoid yang lebih kuat, keduanya diperlukan untuk pengunyahan.
  3. Dalam sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Jurnal OOOO (untuk Bedah Mulut, Pengobatan Mulut, Patologi Mulut, dan Radiologi Mulut), postur lidah yang tepat dipantau pada peserta dengan usia rata-rata 19,6 tahun. Hasilnya menemukan "aktivitas yang jauh lebih banyak di daerah otot temporalis dan suprahyoid serta penurunan yang signifikan dalam variabilitas detak jantung saat lidah diposisikan di langit-langit dibandingkan dengan posisi lidah di dasar mulut."
  4. Dalam sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam European Journal of Orthodontics,Buka di tab baru.manuver reposisi lidah ditemukan untuk mengurangi dengkuran pada pasien dengan BMI normal bila dikombinasikan dengan pelindung mulut.
  5. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal The Angle Orthodontist menyimpulkan sebagai berikut: “Disarankan bahwa perkembangan pola menelan lidah-ke-langit-langit yang benar dapat membentuk dan melebarkan lengkung gigi selama perkembangan kraniofasial agar sesuai dengan lidah, sementara pola menelan yang mencakup penekanan lidah di antara gigi mungkin tidak. "
  6. Dalam studi percontohan 2016 yang "sangat mengejutkan" yang diterbitkan di Muscle, Ligaments and Tendons Journal , posisi lidah yang tepat di langit-langit mulut ditemukan terkait dengan "peningkatan signifikan 30% dari torsi puncak fleksi lutut". Dengan kata lain, postur lidah terkait dengan postur seluruh tubuh Anda.
  7. Sebuah studi 2018Buka di tab baru. yang dipresentasikan pada KTT Dentral Dunia Tahunan ke-21 mengamati 90 subjek dan menemukan bahwa "postur lidah memiliki pengaruh yang signifikan pada hubungan rahang sagital dan lebar lengkung gigi".
  8. Salah satu bukti yang sering dikutip (1999) yang dikutip oleh Dr. Mew adalah kasus Creed twins. Satu kembar menjalani perawatan ortotropik yang berfokus pada postur lidah, sementara yang lain memilih alat gigi tradisional. Hanya dengan menggunakan penyesuaian postur lidah yang sederhana, 

hasil melakukan mewing dan tidak mewing
hasil melakukan mewing dan tidak mewing



hasilnya sangat berbeda untuk setiap kembar seperti yang ditunjukkan di bawah ini.


Masih banyak pekerjaan klinis yang harus dilakukan untuk mengeong dan postur lidah yang benar. Namun, beberapa dari informasi ini memberi kita bukti nyata bahwa postur lidah yang benar menghasilkan efek yang dapat dibedakan.


Bukti Ilmiah Lainnya


  • Daftar Akademi Pendidikan Berkelanjutan Gigi dalam kursus mereka tentang memori otot.pentingnya postur lidah yang tepat. Mereka mendefinisikan postur lidah yang tepat sebagai "puncak lidah harus bertumpu pada lingual gigi anterior rahang atas dan pada papilla tajam dari langit-langit keras." Dokumen kursus mengutip Hanson, ML, & Mason, RM (2003). Orofacial Myology International Perspectives (edisi ke-Second). Springfield, Illinois: Charles C Thomas.
  • Dengan 36 kutipan, laporan ini diterbitkan oleh Oral Health GroupBuka di tab baru. menemukan pernapasan mulut terkait erat dengan postur lidah rendah.
  • Ahli biologi dan studi populasi Stanford, Paul Ehrlich dan ortodontis Sandra Kahn baru-baru ini ikut menulis buku Jaws yang membahas "epidemi tersembunyi" dari perkembangan rahang yang tersembunyi . Buku tersebut menegaskan pentingnya postur lidah yang benar.

Ada juga foto sebelum dan sesudah online yang tak terhitung jumlahnya yang menunjukkan perubahan seiring waktu karena mengeong. Meskipun bukti yang bersifat anekdot biasanya harus ditanggapi dengan skeptis, bukti sebelum dan sesudah yang semakin banyak jumlahnya semakin banyak.


Mewing Foto Sebelum dan Sesudah


before after mewing

before after mewing

before after mewing


Kapan Mengharapkan Hasil

Karena mewing adalah teknik terapi korektif untuk wajah Anda, tentunya Anda tidak akan langsung melihat hasilnya. Namun, banyak yang melaporkan perubahan nyata pada bagian tengah wajah, rahang, dan dagu hanya dalam 6 bulan hingga satu tahun. Selain itu, begitu mengeong menjadi kebiasaan yang tidak disadari, Anda bahkan tidak perlu memikirkannya lagi: itu hanya akan menjadi bagian dari posisi istirahat mulut Anda dengan manfaat yang berlipat gkamu seiring waktu.


Perlu waktu untuk memperbaiki kebiasaan buruk seumur hidup - bersabarlah!


Karena mewing mirip dengan mengubah pikiran Anda untuk mengistirahatkan lidah Anda secara berbeda, ini bukanlah solusi yang cepat. Sebaliknya, ini adalah koreksi terapeutik yang dalam beberapa kasus mungkin membutuhkan waktu satu tahun atau lebih untuk melihat hasilnya. Jika Anda memperbaiki kebiasaan buruk seumur hidup yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya, itu membutuhkan waktu: jadi terus lakukan dan Anda akan melihat manfaat nyata dalam definisi menelan, bernapas, dan rahang begitu mengeong menjadi seperti kebiasaan.


Singkatnya, bersabarlah.


Apakah Saya Terlalu Tua untuk Mulai Mewing?

Perlu dicatat bahwa mewing paling cocok untuk menumbuhkan wajah, terutama pada anak-anak yang sedang melewati masa pubertas. Namun, jangan bersedih jika Anda orang dewasa yang membaca ini. Mewing telah melihat beberapa tingkat keberhasilan pada orang dewasa juga, tetapi pada tingkat yang lebih lambat. Ini karena wajah jauh lebih elastis daripada yang kita duga.


Dr Mew sendiri adalah seorang praktisi teknik dan dia melihat hasil dalam penampilannya sendiri meskipun telah mulai 'mengeong' hingga dewasa.


Mengapa Kita Perlu Melakukan Mewing?


Cukup mengejutkan sebenarnya berapa banyak orang yang mengistirahatkan lidah mereka di dasar mulut mereka karena mengira itu normal.


Kebiasaan buruk ini mungkin muncul dari menghirup napas, makan terlalu banyak makanan lunak saat masih anak-anak, atau berbagai kemungkinan penyebab lainnya. Anda mungkin tidak pernah menganggap ini sebagai masalah sampai sekarang.


Hanya dengan membuat penyesuaian sederhana dan meletakkan lidah Anda di atap mulut, Anda melibatkan seluruh bagian tengah wajah Anda meneruskan.


Efek dari teknik sederhana ini sangat banyak dan meliputi:

  • cara menelan yang lebih sehat
  • garis rahang yang sedikit lebih jelas dari waktu ke waktu
  • peningkatan postur tubuh secara keseluruhan.

Apakah Gaya Hidup Modern Kita Harus Disalahkan?


Alasan utama mengapa lebih banyak dari kita memiliki postur lidah yang tidak tepat daripada sebelumnya adalah karena gaya hidup modern kita.


Abad ke-20 membawa makanan olahan, suplemen menyusui, dan faktor lainnya. Gaya hidup baru kita yang tidak banyak bergerak, baik di rumah maupun di tempat kerja, telah merusak postur tubuh kita. Membungkuk di atas layar, lebih banyak dari kita biasanya bernapas melalui mulut dan memiliki postur tubuh yang buruk. Gaya hidup modern kita telah membuat kita mengurangi penggunaan otot pengunyahan sehingga merugikan kita.


Telah ditemukan bahwa masalah ini sangat lazim di Barat. Faktanya, telah terjadi 'epidemi' eksponensial dari pasien yang membutuhkan perawatan ortodontik dalam satu abad terakhir. Catatan fosil menunjukkan bahwa manusia pramodern sudah jauhlebih sedikitcontoh gigi bengkok dan kelainan bentuk wajah , tidak seperti saat ini. Sesuatu, jelas, telah berubah.


Mengistirahatkan lidah Anda di langit-langit mulut adalah cara yang benar untuk mengembangkan dan menyeimbangkan wajah Anda, tetapi kecuali Anda menyadarinya, Anda tidak akan pernah tahu. Itulah mengapa "mewing" disebut sebagai bentuk terapi korektif: Anda sebenarnya mencoba melatih kembali diri Anda secara sadar untuk mengistirahatkan lidah Anda pada posisi yang benar. Mewing hanyalah mengembalikan ke posisi istirahat alami lidah sebagaimana mestinya.


Perbaiki Profil Anda Dengan Mengunyah Permen Karet


Dr. Mew telah menyebutkan permen karet sebagai pujian untuk mengeong di banyak videonyaBuka di tab baru.. Dengan mengunyah permen karet tahan lama, Anda dapat memperkuat otot masseter dan memberikan definisi lebih jauh pada garis rahang Anda. Anda harus memkamung mengeong sebagai cara memperbaiki orientasi internal wajah Anda yang memungkinkan latihan rahang seperti mengunyah permen karet menjadi jauh lebih efektif dan komprehensif.


Permen karet terbaik untuk dikunyah saat mengeong adalah permen karet damar wangi. Tidak hanya memiliki banyak manfaat kesehatan , tetapi juga sangat tahan lama bahkan jika Anda mengunyahnya selama berhari-hari. Ada alasan mengapa permen karet damar wangi pernah dibandingkan dengan emas dua ribu tahun yang lalu; ini telah dikaitkan dengan banyak sifat kesehatan dan telah dikaitkan dengan praktik meditasi yang menghilangkan stres.


Pastikan untuk mengunyah 2-3 jam setiap hari untuk memulai. Awalnya, rasanya akan pahit tetapi akan semakin terasa seperti pinus saat dikunyah. Jika Anda merasakan nyeri di rahang setelah mengunyah selama beberapa hari, jangan berlebihan: pastikan untuk istirahat. Namun, seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa rasa sakit ini akan berhenti dan rahang Anda akan semakin kuat. Ini akan, pada gilirannya, memberikan definisi garis rahang Anda dan mendorong wajah Anda ke depan.

Sumber : https://jawlineexercises.com/everything-you-need-to-know-about-mewing/


Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Mewing - Tutorial, Manfaat , Bukti , Before After"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel